Soal:
Pada
edisi 06/VI/1423H-2002H, rubrik Risalatikum memuat pertanyaan dari Akh M.
Zainul Musthafa, Sorong, Papua Barat mengenai sosok Syeikh Abdul Qadir Al
Jailani. Berikut ikni jawaban yang kami janjikan.
Jawab
:
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani adalah seorang ‘alim
di Baghdad. Biografi
beliau dimuat dalam Kitab Adz Dzail Ila Thabaqil Hanabilah I/301-390, nomor
134, karya Imam Ibnu Rajab Al Hambali. Buku ini belum diterjemahkan ke dalam
bahasa Indonesia.
Imam Ibnu Rajab menyatakan bahwa Syeikh Abdul Qadir Al Jailani lahir pada tahun
490/471 H di kota
Jailan atau disebut juga dengan Kailan. Sehingga diakhir nama beliau
ditambahkan kata Al Jailani atau Al Kailani atau juga Al Jiliy. Wafat pada hari
Sabtu malam, setelah maghrib, pada tanggal 9 Rabi’ul Akhir tahun 561 H di
daerah Babul Azaj. Beliau meninggalkan tanah kelahiran, dan merantau ke Baghdad pada saat beliau
masih muda. Di Baghdad belajar kepada beberapa orang ulama
seperti Ibnu Aqil, Abul Khatthat, Abul Husein Al
Farra dan juga Abu Sa’ad Al Muharrimi. Beliau belajar
sehingga mampu menguasai ilmu-ilmu ushul dan juga perbedaan-perbedaan pendapat
para ulama. Suatu ketika
Abu Sa’ad Al Mukharrimi membangun sekolah kecil-kecilan di daerah yang bernama
Babul Azaj. Pengelolaan sekolah ini diserahkan sepenuhnya kepada Syeikh Abdul
Qadir Al Jailani. Beliau mengelola sekolah ini dengan sungguh-sungguh. Bermukim
disana sambil memberikan nasehat kepada orang-orang yang ada tersebut. Banyak
sudah orang yang bertaubat demi mendengar nasehat beliau. Banyak orang yang
bersimpati kepada beliau, lalu datang ke sekolah beliau. Sehingga sekolah itu
tidak kuat menampungnya. Maka, diadakan perluasan. Murid-murid beliau banyak
yang menjadi ulama terkenal.
Seperti Al Hafidz Abdul Ghani yang menyusun kitab Umdatul Ahkam Fi Kalami
Khairil Anam. Juga Syeikh Qudamah penyusun kitab figh terkenal Al Mughni.
Syeikh Ibnu Qudamah rahimahullah ketika ditanya
tentang Syeikh Abdul Qadir, beliau menjawab, kami sempat berjumpa dengan beliau
di akhir masa kehidupannya. Beliau menempatkan kami di sekolahnya. Beliau
sangat perhatian terhadap kami. Kadang beliau mengutus putra beliau yang
bernama Yahya untuk menyalakan lampu buat kami. Beliau senantiasa menjadi imam
dalam shalat fardhu. Syeikh Ibnu
Qudamah sempat tinggal bersama beliau selama satu bulan sembilan hari.
Kesempatan ini digunakan untuk belajar kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani
sampai beliau meninggal dunia. 1) Beliau adalah seorang
‘alim. Ber-aqidah Ahlu Sunnah, mengikuti jalan Salafush Shalih. Dikenal banyak
memiliki karamah-karamah. Tetapi banyak (pula) orang yang membuat-buat
kedustaan atas nama beliau. Kedustaan itu baik berupa kisah-kisah,
perkataan-perkataan, ajaran-ajaran, thariqah yang berbeda dengan jalan Rasulullah, para sahabatnya, dan lainnya.
Diantara perkataan Imam Ibnu Rajab ialah, Syeikh Abdul Qadir Al Jailani adalah
seorang yang diagungkan pada masanya. Diagungkan oleh banyak para syeikh, baik
‘ulama dan para ahli zuhud. Beliau banyak memiliki keutamaan dan karamah.
Tetapi ada seorang yang bernama Al Muqri Abul Hasan Asy Syathnufi Al Mishri
(orang Mesir) 2) mengumpulkan kisah-kisah dan keutamaan-keutamaan Syeikh Abdul Qadir Al
Jailani dalam tiga jilid kitab. Dia telah menulis perkara-perkara yang aneh dan
besar (kebohongannya). Cukuplah seorang itu berdusta, jika dia menceritakan
yang dia dengar. Aku telah melihat sebagian kitab ini, tetapi hatiku tidak
tentram untuk berpegang dengannya, sehingga aku meriwayatkan apa yang ada di
dalamnya. Kecuali kisah-kisah yang telah mansyhur dan terkenal dari selain
kitab ini. Karena kitab ini banyak berisi riwayat dari orang-orang yang tidak
dikenal. Juga terdapat perkara-perkara yang jauh (dari agama dan akal),
kesesatan-kesesatan, dakwaan-dakwaan dan perkataan yang batil tidak berbatas.3)
semua itu tidak pantas dinisbatkan kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani
rahimahullah. Kemudian aku dapatkan bahwa Al Kamal Ja’far Al Adfwi4)
telah menyebutkan, bahwa Asy Syath-nufi sendiri tertuduh berdusta atas
kisah-kisah yang diriwayatkannya dalam kitab ini. Imam Ibnu Rajab juga berkata, Syeikh Abdul
Qadir Al Jailani rahimahullah memiliki pendapat yang bagus dalam masalah
tauhid, sifat-sifat Allah, takdir, dan ilmu-ilmu ma’rifat yang sesuai dengan
sunnah. Beliau memiliki kitab Al Ghunyah Li Thalibi Thariqil Haq, kitab
yang terkenal. Beliau juga mempunyai kitab Futuhul Ghaib. Murid-muridnya
mengumpulkan perkara-perkara yang berkaitan dengan nasehat dari majelis-majelis
beliau. Dalam masalah-masalah sifat, takdir dan lainnya, ia berpegang dengan
sunnah. Beliau membantah dengan keras terhadap orang-orang yang menyelisihi
sunnah. Syeikh Abdul Qadir Al Jailani menyatakan dalam kitabnya, Al Ghunyah,
Dia (Allah) di arah atas, berada diatas arsyNya, meliputi seluruh kerajaanNya.
IlmuNya meliputi segala sesuatu. Kemudian beliau menyebutkan ayat-ayat dan
hadist-hadist, lalu berkata Sepantasnya menetapkan sifat istiwa ( Allah
berada diatas ArsyNya ) tanpa takwil (menyimpangkan kepada makna lain). Dan hal
itu merupakan istiwa dzat Allah diatas arsys. Ali bin Idris pernah bertanya kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani, Wahai tuanku, apakah Allah memiliki wali kekasih) yang tidak berada di
atas aqidah (Imam) Ahmad bin Hambal? Maka beliau menjawab, Tidak pernah ada dan
tidak akan ada.
Perkataan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani tersebut juga dinukilkan oleh
Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam kitab Al Istiqamah I/86. Semua itu
menunjukkan kelurusan aqidahnya dan penghormatan beliau terhadap manhaj Salaf.
Sam’ani berkata, Syeikh Abdul Qadir Al Jailani adalah penduduk kota Jailan. Beliau
seorang Imam bermadzhab Hambali. Menjadi guru besar madzhab ini pada masa hidup
beliau.
Imam Adz Dzahabi menyebutkan biografi Syeikh Abdul Qadir Al Jailani
dalam Siyar Alamin Nubala, dan menukilkan perkataan Syeikh sebagai berikut,lebih
dari lima ratus orang masuk Islam lewat tanganku, dan lebih dari seratus ribu
orang telah bertaubat.
Imam Adz Dzahabi menukilkan perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan
Syeikh Abdul Qadir yang aneh-aneh sehingga memberikan kesan seakan-akan bekiau
mengetahui hal-hal yang ghaib. Kemudian mengakhiri perkataan, Intinya Syeikh
Abdul Qadir memiliki kedudukan yang agung. Tetapi terdapat kritikan-kritikan
terhadap sebagian perkataannya dan Allah menjanjikan (ampunan atas kesalahan-kesalahan orang beriman). Namun
sebagian perkataannya merupakan kedustaan atas nama beliau. Siyar XX/45).
Imam Adz Dzahabi juga berkata, Tidak ada seorangpun para kibar
masyasyeikh yang riwayat hidup dan karamahnya lebih banyak kisah hikayat,
selain Syeikh Abdul Qadir Al Jailani, dan banyak diantara riwayat-riwayat itu
yang tidak benar bahkan ada yang mustahil terjadi Syeikh Rabi bin Hadi Al
Madkhali berkata dalam kitabnya, Al Haddul Fashil, hal.136, Aku telah
mendapatkan aqidah beliau (Syeikh Abdul Qadir Al Jailani) didalam kitabnya yang bernama Al
Ghunyah.8) Maka aku mengetahui dia sebagai seorang Salafi.
Beliau menetapkan nama-nama dan sifat-sifat Allah dan aqidah-aqidah lainnya di
atas manhaj Salaf. Beliau juga membantah kelompok-kelompok Syi’ah, Rafidhah,
Jahmiyyah, Jabariyyah, Salimiyah, dan kelompok lainnya dengan manhaj Salaf.
Inilah tentang beliau secara ringkas. Seorang ‘alim Salafi, Sunni,
tetapi banyak orang yang menyanjung dan membuat kedustaan atas nama beliau.
Sedangkan beliau berlepas diri dari semua kebohongan itu. Wallahu a’lam
bishshawwab.
Kesimpulannya beliau adalah seorang ‘ulama besar. Apabila sekarang ini
banyak kaum muslimin menyanjung-nyanjungnya dan mencintainya, maka suatu
kewajaran. Bahkan suatu keharusan. Akan tetapi kalau meninggi-ninggikan derajat
beliau di atas Rasulullah n, maka hal ini merupakan kekeliruan. Karena
Rasulullah n adalah rasul yang paling mulia diantara para nabi dan rasul.
Derajatnya tidak akan terkalahkan disisi Allah oleh manusia manapun.
Adapun sebagian kaum muslimin yang menjadikan Syeikh Abdul Qadir Al
Jailani sebagai wasilah (perantara) dalam do’a mereka. Berkeyakinan bahwa do’a
seseorang tidak akan dikabulkan oleh Allah, kecuali dengan perantaranya. Ini
juga merupakan kesesatan. Menjadikan orang yang meningal sebagai perantara,
maka tidak ada syari’atnya dan ini diharamkan. Apalagi kalau ada orang yang
berdo’a kepada beliau. Ini adalah sebuah kesyirikan besar. Sebab do’a merupakan
salah satu bentuk ibadah yang tidak diberikan kepada selain Allah. Allah
melarang mahluknya berdo’a kepada selain Allah,
Dan sesungguhnya
mesjid-mesjid itu adalah kepunyaan Allah.
Maka janganlah
kamu menyembah seseorang pun di dalamnya
Disamping (
menyembah ) Allah.
( QS. Al-Jin :
18 )
Jadi sudah menjadi keharusan bagi setiap muslim untuk memperlakukan para
‘ulama dengan sebaik mungkin, namun tetap dalam batas-batas yang telah
ditetapkan syari’ah.
Akhirnya mudah-mudahan Allah senantiasa memberikan petunjuk kepada kita
sehingga tidak tersesat dalam kehidupan yang penuh dengan fitnah ini.
Wallahu a’aam bishshawab.
1)
Siyar A’lamin Nubala XX/442
2)
Nama lengkapnya adalah Ali Ibnu
Yusuf bin Jarir Al Lakh-mi Asy Syath-Nufi. Lahir di Kairo tahun 640 H,
meninggal tahun 713 H. Dia dituduh berdusta dan tidak bertemu dengan Syeikh
Abdul Qadir Al Jailani.
3)
Seperti kisah Syeikh Abdul Qadir
menghidupkan ayam yang telah mati, dan sebagainya.
4)
Nama lengkapnya ialah Ja’far bin Tsa’lab
bin Ja’far bin Ali bin Muthahhar bin Naufal Al Adfawi. Seoarang ‘ulama
bermadzhab Syafi’i. Dilahirkan pada pertengahan bulan Sya’ban tahun 685 H.
Wafat tahun 748 H di Kairo. Biografi beliau dimuat oleh Al Hafidz di dalam
kitan Ad Durarul Kaminah, biografi nomor 1452.
5)
Dinukil dari kitab At Tashawwuf Fii
Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 509, karya Syeikh Abdul Qadir bin Habibullah As
Sindi, Penerbit Darul Manar, Cet. II, 8 Dzulqa’idah 1415 H / 8 April 1995 M.
6)
At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat
Tahqiq, hal. 515.
7)
At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat
Tahqiq, hal. 516.
8)
Lihat kitab Al-Ghunyah I/83-94.
9)
At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat
Tahqiq, hal. 509, karya Syeikh Abdul Qadir bin Habibullah As Sindi, Penerbit
Darul Manar, Cet. II, 8 Dzulqa’idah 1415 H / 8 April 1995 M.
Majalah Assunnah Edisi 07/Tahun VI/1423H/2002M
0 komentar:
Posting Komentar